RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
SATUAN
ACARA TUTORIAL (SAT)
RANCANGAN
EVALUASI TUGAS TUTORIAL
KONSEP DASAR IPS
( PDGK 4102 )
Oleh :
AFRIZAL
SUKI
POKJAR LUBUK TAROK UPBJJ-UT 14 PADANG
2014
RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah
|
:
|
Konsep Dasar
IPS
|
Kode MK/SKS
|
:
|
PDGK 4102/4 SKS
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Deskripsi
Singkat MK
|
:
|
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat, karakteristik,
konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan IPS
|
No
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Tugas Tutorial
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial Ke
|
1
|
Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat dan
karakteristik konsep dasar IPS
|
l Hakikat dan konsep dasar IPS
l Sejarah perkembangan IPS
|
§ Hakikat mata kuliah konsep dasar IPS
§ Karakteristik mata
kuliah konsep dasar IPS
§ Sejarah perkembangan IPS
§ Sejarah perkembangan secara umum
§ Sejarah perkembangan di INdonesia
|
Baca modul 3-4
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka.
|
I
|
2
|
Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup dan
cakupan konsep dasar IPS
|
u Ruang lingkup dan cakupan
konsep dasar IPS
u Karakteristik cakupan
konsep sejarah,geografi,ekonomi,sosiologi,antropologi,politik
pemerintahan,serta psikologi sosial
|
§ Konsep dasar sejarah
§ Konsep dasar geografi
§ Konsep dasar ekonomi
§ Konsep dasar sosiologi
§ Konsep dasar antropologi
§ Konsep dasar politik dan pemerintahan
§ Konsep dasar psikologi sosial
|
Baca modul 5-6
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
II
|
3
|
Mahasiswa dapat menguasai Konsep Dasar Ekonomi
|
Ketrampilan Dasar Mengajar Dan Peranan Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi
|
§ Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Dalam
Pembelajaran Ekonomi
|
Tugas Tutorial I
Bobot nilai 30%
Baca modul 7
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
III
|
4
|
Mahasiswa dapat menguasai konsep dasar sosiologi
|
Konsep individu, kelompok dan masyarakat
Interaksi
sosial, pranata dan struktur sosial
Peran dan
status individu dalam kehidupan bermasyarakat
|
§ Peranan individu
§ Kelompok
§ Masyarakat
|
Baca modul 8
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
IV
|
5
|
Mahasiswa dapat menguasai konsep dasar Antropologi
|
Pembelajaran konsep dasar antropologi
|
§ Dinamika budaya Indonesia
§ Upaya pelestarian budaya asli
|
Tugas Tutorial
II
Bobot nilai
35%
Baca modul 9
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
V
|
6
|
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar politik
dan pemerintahan
|
Pembelajaran tentang ilmu politik dan
pemerintahan
|
§ Konsep dasar politik dan pemerintahan
§ Prinsip prinsip dasar pemerintahan
§ Hak dan kewajiban warga negara menurut UUD 1945 sebagai wujud
berkehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
Baca
modul 10
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
VI
|
7
|
Mahasiswa dapat memahami sikap masyarakat
terhadap perubahan sosial
Model model
pembelajaran konsep dasar IPS yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan
|
Pembelajaran tentang perubahan sosial dalam
masyarakat
Pembelajaran
tentang model pembelajaran inovatif kreatif dan menyenangkan
|
§ Informasi perubahan ,sikap,dan perubahan sosial
§ Hakikat dan peranan model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Implementasi model pembelajaran IPS
§ Model desain pembelajaran pengambilan keputusan
|
Tugas Tutorial
III
Bobot nilai
35%
Baca modul 12
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
VII
|
8
|
Mahasiswa dapat merancang dan menerapkan
keterampilan dasar IPS
|
Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
Keterampilan
dasar IPS
|
§ Keterampilan dasar IPS
§ Mengembangan keterampilan dasar IPS
§ Pembelajaran IPS terpadu
§ Rangkuman
|
Merangkum
|
Prof.Dr.H. Abdul Wahab
Azis, MA dkk (2010). Buku materi pokok PDGK 4102, modul. Konsep Dasar IPS Jakarta. Universiatas Terbuka
|
VIII
|
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
I
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan model-model
pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan peserta
didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas sebagai
guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat menjelaskan :
·
Hakikat
dan karakteristik mata kuliah Konsep Dasar IPS
·
Sejarah
perkembangan IPS
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Hakikat da karakteristik mata kuliah Konsep Dasar IPS dan Sejarah
perkembangan IPS
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Hakikat pembelajaran IPS.
§ Karakteristik pembelajaran IPS
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Perkenalan
l Absensi
l Pembagian kelompok permanen
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Hakikat mata
kuliah konsep dasar IPS
Sejarah
perkembangan IPS
Diskusi kelas
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas pertemuan
berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
II
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
·
Mahasiswa
dapat menjelaskan ruang lingkup dan cakupan konsep
dasar IPS
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Hakikat da karakteristik mata kuliah Konsep Dasar IPS dan Sejarah
perkembangan IPSRuang lingkup dan cakupan konsep dasar IPS
Karakteristik cakupan konsep
sejarah,geografi,ekonomi,sosiologi,antropologi,politik pemerintahan,serta
psikologi sosial
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Konsep dasar sejarah
§ Konsep dasar geografi
§ Konsep dasar ekonomi
§ Konsep dasar sosiologi
§ Konsep dasar antropologi
§ Konsep dasar politik dan pemerintahan
§ Konsep dasar psikologi
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
15`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
previev
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
§ Konsep dasar sejarah
§ Konsep dasar geografi
§ Konsep dasar ekonomi
§ Konsep dasar sosiologi
§ Konsep dasar antropologi
§ Konsep dasar politik dan pemerintahan
Diskusi kelas
|
75`
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas
pertemuan berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
III
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat menguasai Konsep Dasar Ekonomi
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Ketrampilan Dasar Mengajar Dan Peranan Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
Ketrampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Pembelajaran
Ekonomi
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Hakikat mata
kuliah konsep dasar IPS, Pemberian tugas I
Diskusi kelas
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas
pertemuan berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
IV
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat menguasai konsep dasar sosiologi
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Konsep individu, kelompok dan masyarakat
Interaksi
sosial, pranata dan struktur sosial
Peran dan
status individu dalam kehidupan bermasyarakat
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Peranan individu
§ Kelompok
§ Masyarakat
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Konsep individu,
kelompok dan masyarakat
Diskusi kelas
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas
pertemuan berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
V
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat menguasai konsep dasar Antropologi
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Pembelajaran konsep dasar antropologi
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Dinamika budaya Indonesia
§ Upaya pelestarian budaya asli
|
|
|
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Konsep
antropologi
Dinamika
budaya
Pelestarian
budaya
Pemberian
tugas II
Diskusi kelas
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas
pertemuan berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
VI
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan pemerintahan,
dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu dengan lainnya.
Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan model-model pembelajaran
IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan peserta didik dan
menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas sebagai guru dalam
kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS terpadu.Mahasiswa mampu
mengetahui latar belakang,konsep,hakikat, karakteristik, konsep dasar,
sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar politik dan pemerintahan
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Pembelajaran tentang ilmu politik dan
pemerintahan
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Konsep dasar politik dan pemerintahan
§ Prinsip prinsip dasar pemerintahan
§ Hak dan kewajiban warga negara menurut UUD 1945 sebagai wujud
berkehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
Pembelajaran tentang ilmu politik dan
pemerintahan
Diskusi kelas
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas
pertemuan berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
VII
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat memahami sikap masyarakat
terhadap perubahan sosial
Model model pembelajaran konsep dasar IPS yang kreatif, inovatif,
dan menyenangkan
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Pembelajaran tentang perubahan sosial dalam
masyarakat
Pembelajaran
tentang model pembelajaran inovatif kreatif dan menyenangkan
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Informasi perubahan ,sikap,dan perubahan sosial
§ Hakikat dan peranan model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Implementasi model pembelajaran IPS
§ Model desain pembelajaran pengambilan keputusan
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
§ Informasi perubahan ,sikap,dan perubahan sosial
§ Hakikat dan peranan model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Implementasi model pembelajaran IPS
§ Model desain pembelajaran pengambilan keputusan
§ Pemberian tugas III
§ Diskusi
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tugas
pertemuan berikut
|
20` |
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
Tutorial Ke
|
:
|
VIII
|
Kode/Nama Mata Kuliah
|
:
|
PDGK
4102/Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat merancang dan menerapkan keterampilan dasar IPS
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
Keterampilan
dasar IPS
|
Sub Pokok Bahasan
|
:
|
§ Keterampilan dasar IPS
§ Mengembangan keterampilan dasar IPS
§ Pembelajaran IPS terpadu
§ Rangkuman
|
No
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Persiapan Tutorial
|
l Absensi
|
l Modul PDGK 4102
l Laptop
l Infocus
|
30`
|
2
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tinjauan mata
kuliah secara umum
|
20`
|
|
3
|
Kegiatan Penyajian
|
§ Sejarah perkembangan IPSKeterampilan dasar IPS
§ Mengembangan keterampilan dasar IPS
§ Pembelajaran IPS terpadu
§ Rangkuman
§ Diskusi kelas
|
60
|
|
4
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan
Tanya jawab
penutup
|
20` |
RANCANGAN EVALUASI TUGAS
TUTORIAL
Kode/Nama Mk
|
:
|
PDGK4102/ Konsep Dasar IPS
|
SKS
|
:
|
4
|
Nama Tutor
|
:
|
Afrizal Suki
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
Rancangan evaluasi ini mencakup Pengertian karakteristik, perkembangan , hakekat
dan model-model pembelajaran Konsep Dasar IPS.
|
Kompetensi Umum
|
:
|
PDGK 4102, Konsep Dasar IPS, 4 sks.
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep
Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi
konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi sosiologi, antropologi, politik dan
pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaiotan antara bidang satu
dengan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan
model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tututan kurikulum dan perkembangan
peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam melaksanakan tugas
sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS
terpadu.Mahasiswa mampu mengetahui latar belakang,konsep,hakikat,
karakteristik, konsep dasar, sejarah perkembangan, ruang lingkup dan cakupan
IPS
|
Tugas Tutorial Ke
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
|
Uraian/Deskripsi Tugas
|
Bobot Nilai
|
I
|
§
Mahasiswa
dapat menjelaskan latar belakang dan Karakteristik konsep dasar IPS
§
Mahasiswa
dapat menjelaskan hakekat dan model pembelajaran terpadu
|
§ Karakteristik Konsep
dasar IPS
§ Perkembangan IPS
§ Hakekat Pembelajaran
IPS per mata pelajaran penunjangnya
§ Model-Model Pembelajaran Terpadu
|
§ Jelaskan bagaimana karakteristik konsep
dasar IPS
§ Bagaimana sejarah perkembangan IPS
|
30%
|
II
|
Mahasiswa dapat menguasai konsep dasar Antropologi
Pembelajaran
konsep dasar antropologi
|
Konsep
antropologi
Dinamika
budaya
Pelestarian
budaya
§ Konsep dasar politik dan pemerintahan
§ Prinsip prinsip dasar pemerintahan
§ Hak dan kewajiban warga negara menurut UUD 1945 sebagai wujud
berkehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
§
Kerjakan
soal latihan tugas dari modul 1 sampai 6
|
35%
|
III
|
Mahasiswa dapat memahami sikap masyarakat
terhadap perubahan sosial
Model model
pembelajaran konsep dasar IPS yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan
|
§ Informasi perubahan ,sikap,dan perubahan sosial
§ Hakikat dan peranan model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Model pembelajaran konsep dasar IPS
§ Implementasi model pembelajaran IPS
§ Model desain pembelajaran pengambilan keputusan
|
§ Rumusan IPS berdasarkan pendapat
§ Perkembangan IPS secara umum dan khusus
§ Cakupan konsep dasar IPS
§ Perbedaan nilai jual barang dan jasa
§ Peran individu dalam kelompok dan
masyarakat
§ Teori teori sosiologi
§ Aktualisasi hukum di Indonesia
§ Unsur unsur budaya menurut kuncara
ningrat
§ Perubahan sosial di masyarakat
§ Model model pembelajaran kreatif,
inovatif dan menyenagkan dalam konsep dasar IPS
§ Tentukan skala garis dari.....
§ Klasifikasi dari konsep dasar IPS,
perkembangan siswa dalam mengembangkan keterampilan dalam model pembelajaran
terpadu
|
35%
|
Padang, Desember 2014
Tutor
Afrizal Suki, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar