CONTOH SOAL
PDGK 4102
1. Pendekatan yang dilakukan dalam IPS
menggunakan pendekatan multidisiplin
atau interdisiplin, tidak seperti halnya Ilmu Sosial
yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau
A. monodisiplin
B. multidisiplin
C. lintas ilmu
D. perpaduan pengetahuan
2. Pendekatan ilmu pengetahuan sosial
bersifat interdisipliner atau bersifat
multidisipliner dengan menggunakan….
A. berbagai bidang keilmuan.
B. fakta dan data
C. berbagai sumber data
D. berbagai metode
3. Pengembangan materi pembelajaran IPS
untuk tingkat persekolahan lebih banyak
diambil dari….
A. ilmu-ilmu sosial
B. aspek-aspek kehidupan kemasyarakatan
C. aspek-aspek lingkungan alam sekitar
D. perpaduan antara ilmu sosial,
kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan
alam
4. Program pembelajaran pendidikan IPS
yang layak harus mampu
mengembangkan….
A. sikap moral dan kesadaran peserta
didik
B. intelektual pengetahuan peserta
didik
C. keterampilan sosial dan bertindak
peserta didik
D. ketiga komponen aspek kognitif,
afektif dan psikomotor
5. Perkembangan PIPS dan PDIPS secara konseptual terkait erat pada konsep....
A. social education
B. study social
C. social science
D. social studies
6. Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS) di bina pada…
A. pendidikan disiplin ilmu pengetahuan
sosial
B. program pendidikan ilmu-ilmu sosial.
C. pendidikan persekolahan
D. lembaga sosial
7. Salah satu Pendidikan IPS, terintegrasi dengan nama Pendidikan Kewargaan
Negara
atau….
A. civics
B. Tata Negara
C. studi sosial.
D. kewarganegaraan
8. Dalam Undang-undang No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cakupan
pendidikan
IPS muncul dua bahan kajian kurikuler ….
A. A.pendidikan Pancasila dan
Pendidikan Kewarganegaraan
B. sejarah, ekonomi dan geografi
C. sosiologi dan tata negara
D. antropologi dan geografi
9. Ilmu Pengetahuan sosial sebenarnya bukan merupakan bidang keilman atau
disiplin
akademis, namun IPS lebih merupakan sebagai bidang....
A. ilmu yang dikembangkan secara
akademis
B. kajian tentang gejala dan masalah
teknologi
C. kajian tentang gejala dan masalah
sosial.
D. kajian yang dikembangkan kepentingan
ilmu
10. Studi sosial
(sosial studies) bukan merupakan suatu bidang keilmuan atau disiplin
bidang
akademis, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian
tentang....
A. gejala masalah sosial.
B. penerapan ketrampilan di lingkungan
masyarakat
C. berbagai kajian bidang keilmuan
D. praktis gejala sosial
11. Ditinjau
dari ilmu politik, kekuasaan tertinggi penyelenggaraan pemerintahan yang
demokratis
terletak pada....
A. kemampuan birokrasi penyelenggara
negara
B. kepercayaan rakyat yang memberikan
wewenang.
C. anggota kabinet yang berkemampuan
profesional
D. kemampuan undang-undang yang
mengaturnya
12. Ilmu Politik
adalah ilmu yang mempelajari kehidupan Negara...... yang merupakan
bagian dari
kehidupan masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu
melakukan
tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
A. Midred Parten
B. J. Barent.
C. Brown and Brown
D. Miriam Budiardjo
13. Latar
belakang pelaksanaan Tanam Paksa, kecuali….
A. anggaran belanja belanda mengalami
defisit akibat perang kemerdekaan
Belgia
dan Diponegoro
B. tindakan pemerintah jajahan antara
tahun 1816-1830 gagal menghasilkan
keuntungan
bagi Negara induk
C. perokonomian rakyat jawa sudah
melemah sehingga perlu digalakan kegiatan
dibidang
pertanian
D. perusahaan pelayaran Belanda
mengalami kerugian sehingga gagal dalam
menjalankan
tugas membangun perekonomian.
14. Ekspedisi pertama
penjelajahan Belanda ke perairan nusantara atas nama….
A. A.VOC
B. pemerintah kerajaan Nederland
C. Compagnie van Verre
D. D.Staten General
15. Organisasi
pergerakan di bawah ini adalah organisasi yang menjadikan Perhimpunan Indonesia
sebagai sumber aspirasi dalam pembentukannya, kecuali
A. Budi Utomo
B. PNI
C. Parindra
D. PBI
16. Pengaruh
yang paling menonjol dari lahirnya pergerakan kedaerahan terhadap
kehidupan
politik bangsa Indonesia adalah;
A.
menumbuhkan
kesadaran bahwa pergerakan kedaerahan tidak
B.
menguntungkan
perjuangan
B. menghambat tumbuhnya rasa persatuan
C. menumbuhkan persaingan di antara
pergerakan kedaerahan
D. timbulnya usaha untuk menyatukan
semua organisasi kedaerahan
17. Pasukan
pembantu militer pada masa pendudukan Jepang adalah….
A. Keibodan
B. Seinendan
C. Heiho.
D. Fujinkai
18. Hal-hal yang
merugikan bangsa Indonesia setelah Dekrit, kecuali....
A. stabilnya pemerintahan negara
B. dikuasasinya politik oleh komunis
C. tindakan Presiden yang tidak
konstitusional.
D. hilangnya demokrasi politik
19. Berikut ini
adalah hakikat geografi menurut Broek, kecuali....
A. geografi sebagai relasi hubungan
timbal balik antara manusia dengan alam
B. geografi sebagai studi penyebaran
gejala di permukaan bumi
C. geografi sebagai teori keruangan
bumi
D. geografi sebagai studi permukiman
20. Pendekatan
yang digunakan dan disepakati oleh para pakar geografi adalah....
A. humanitis
B. sejarah
C. tingkah laku
D. keruangan, ekologi dan komplek wilayah.
21. Berikut
termasuk lingkungan tingkah laku, kecuali....
A. kepercayaan setempat
B. organisasi sosial
C. transmigrasi
D. tempat tinggal
22. Dalam
Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia yang diajarkan di jenjang
tingkat
sekolah dasar hanya terbatas
A. negara maju dan negara berkembang
B. wilayah kawasan tertentu
C. seluruh negara di dunia
D. seluruh negara Eropa
23. Ilmu ekonomi
perlu kita pelajari karena....
A. alat pemenuhan kebutuhan sifatnya
tak terbatas
B. kebutuhan tidak terbatas.
C. barang bebas tersedia oleh alam
D. setiap manusia memiliki kebutuhan
yang sama
24. Usaha
seseorang dengan hidup berhemat agar bisa menabung karena mempunyai
kebutuhan
A. spiritual
B. ekonomi
C. masa depan
D. kasih sayang
25. Perusahaan
Negara melakukan aktivitasnya bertujuan untuk….
A. pelayanan masyarakat.
B. mengelola usaha vital
C. mengelola sumber alam
D. mendapatkan keuntungan
26. Koperasi
yang sudah ada tidak mampu bersaing dengan badan usaha lain, agar
koperasi
dapat tumbuh dan berkembang diperlukan....
A. penyuluhan dan bimbingan terhadap
koperasi
B. bantuan dari pemerintah
C. kerja sama dengan koperasi lain
D. peranan pemerintah lebih
ditingkatkan
27. Pengeritian
individu sebagai makhluk sosial sebagai berikut, kecuali….
A. beradaptasi
B. bersosialisasi
C. berintegrasi
D. berkonsentrasi
28. Kekuatan
norma pada cara termasuk lemah, sedangkan kebiasaan merupakan
“perikelakuan
yang diakui dan diterima oleh masyarakat atau juga disebut dengan
istilah
A. usage
B. folkways
C. custom
D. custom
29. Adanya
hubungan atau interaksi dalam masyarakat ialah….
A. setiap kelompok menjalin interaksi
dengan kelompok yang lain
B. setiap anggota menjalin interaksi
dengan anggota yang lain
C. setiap anggota menjalin interaksi
dengan kelompoknya
D. interaksi antara anggota, anggota
dengan kelompok dan kelompok dengan
kelompok.
30. Istilah
lembaga kemasyarakatan jika dibandingkan dengan pengertian social institusion
lebih luas karena lembaga kemasyarakatan tidak hanya membahas tentang
unsur-unsur yang mengatur perilaku, namun lebih luas lagi pada....
A. kebiasaan dan tata kelakuan
B. bentuk dan norma
C. norma dan adat istiadat
D. bentuk dan tujuan
31. Jika dia
adalah anak seorang bangsawan dari keturunan Brahmana maka dia pun tergolong ke
dalam kesta Brahmana, dan kalau dia adalah keturunan Sultan maka dia pun
tergolong turunan raja. Hal tesebut adalah merupakan contoh dari….
A. Ascribed-Status
B. Achieved-Status
C. Assigned-Status
D. Inherent risk
32. Jika orang
sukses dalam kariernya atau dalam kedudukannya sebagai direktur misalnya maka
statusnya secara subjektif akan naik pula. Hal tersebut termasuk penilaian
status dari subjektif dalam kreteria
A. kelahiran
B. mutu pribadi
C. prestasi
D. pemilikan
33. Kebudayaan
adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan,
kepercayaan, kesenian, moral, hukum adaptasi istiadat dan kemampuan lain serta
kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat”, definisi
kebudayaan tersebut menurut pendapat.
A. E.B. Tylor
B. A.L Kroeber
C. Kluckhohn
D. Parsudi Suparlan
34. Kompleks
dari ide, norma-norma yang sifatnya abstrak adalah sistem....
A. sosial
B. budaya
C. ekonomi
D. politik
35. Akulturasi
budaya adalah…..
A. A.proses social yang menyebabkan hilangnya sifat-sifat yang khas dari
unsure
kebudayaan masing-masing
B. masuknya unsur-unsur budaya asing ke dalam unsure-unsur budaya sendiritanpa
kehilangan
kepribadian kebudayaan sendiri.
C. penyebaran unsur-unsur budaya ke seluruh penjuru dunia
D. proses
penemuan baru dari unsur-unsur kebudayaan
36. Negara
berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia hal ini terdapat dalam UUD
1945 hasil amandemen, pada....
A. Pasal 32 ayat 1.
B. Pasal 31 ayat 3
C. Pasal 31 ayat 4
D. Pasal 32 ayat 2
37. Unsur-unsur
Negara hukum (rechtsstaat) menurut pendapat F.J Stahl, adalah berikut,
kecuali….
A. adanya jaminan hak asasi manusia
B. adanya pembagian dan pemisahan
kekuasaan
C. pemerintahan berdasarkan
peraturan-peraturan
D. adanya keputusan yang jelas
38. Jika
dibandingkan dengan materi muatan UU maka muatan materi Perpu....
A. sama dengan materi UU
B. lebih rendah dari materi UU
C. lebih kuat dari materi UU
D. lebih tinggi dari materi UU
39. Salah satu
ciri sistem presidensial yang diterapkan di negara kita adalah Presiden dan
Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan karena itu secara politik tidak
bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen melainkan bertanggung jawab pada...
A. Dewan Perwakilan Daerah
B. langsung kepada rakyat yang
memilihnya
C. Mahkamah Konstitusi
D. Mahkamah Agung
40. Fungsi Dewan
Perwakilan Rakyat dalam menjalankan Pasal 23 ayat (3) UUD 1945 termasuk
fungsi....
A. mediasi
B. legislasi
C. anggaran
D. Pengawasan
41. Perlindungan
dari pemajuan hak asasi manusia merupakan tanggung jawab....
A. setiap warga negara
B. warga negara dan pemerintah
C. setiap individu
D. negara terutama pemerintah
42. Pembentukan
sikap seseorang amat tergantung pada informasi yang diterima
pada
cirinya karena informasi dapat....
A. menambah pengetahuan
B. merubah sikap seseorang
C. merangsang sikap
D. membantu perilaku seseorang
43. Sumber
kontrol sosial antara lain group pressure, misalnya secara fisik dicontohkan di
masyarakat adalah....
A. DPR
B. DPD
C. Pengacara
D. Polisi.
44. Guru yang baik
haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh
metode yang dikuasainya; Pernyataan ini dikemukakan oleh....
A. John Dewey
B. James A. Banks
C. Edgar Wesley
D. Berry K. Beyer<
45. Teknik mengungkap
pemikiran melalui ;brainstorming; lebih tepat dikategorikan sebagai latihan
berpikir....
A. A.kritis
B. kreatif
C. deduktif
D. konvergen
46. Tahap model
pembelajaran “mencapai solusi yang dapat dipertanggungjawabkan “menurut Savage
and Armstrong, dapat ditafsirkan....
A. tercapainya rumusan kesimpulan menurut responden
B. merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi
C. menghasilkan target harapan dari proses penelitian
D. berhasil
merumuskan hasil temuan penelitian
47. Model
pembelajaran “problem solving” dapat membina siswa mengantarkan pada
kemampuan....
A. sikap dan perilaku mandiri dalam
mengatasi masalah
B. peningkatan prestasi belajar
maksimal
C. kurang tepat, karena sikap dan
perilaku mandiri dalam mengatasi masalah
juga
termasuk dalam Model pembelajaran problem solving
D. menarik perhatian, minat dan
kesenangan siswa
48. Keterampilan
pengambilan keputusan perlu dimiliki oleh siswa sehingga perlu dilatih untuk
kepentingan....
A. diri sendiri dan sosial
B. masyarakat
C. diri pribadi dan lingkungan
D. pemerintah
49. Dalam
pembelajaran IPS hal yang penting adalah mengembangkan pemahaman, sikap dan....
A. bertanya
B. berkomunikasi
C. keterampilan
D. berandai-andai
50. Model
pembelajaran pemecahan masalah dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan
dasar IPS....
A. dapat meningkatkan kemampuan siswa
melakukan kerja kelompok
B. dapat menarik minat siswa untuk
memecahkan persolan disekitarnya
C. sangat mampu mensimulasikan konsep
yang dipelajari dalam kehidupan nyata
D. siswa dapat menggunakan pemahamannya
untuk meneliti apa yang
diperlukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar