SELAMAT DATANG SAUDARA

BLOG INI SAYA MAKSUDKAN UNTUK SIAPA SAJA YANG INGIN MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Rabu, 01 April 2015

RAT PDGK 4207 Pendidikan Seni SD

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)


Kode/Mata Kuliah                          : PDGK 4207/Pendidikan Seni di SD
Bobot SKS                                        : 4 SKS
Nama Penulis                                   : Afrizal Suki, S. Pd, M. Pd
Nama Penelaah Materi                   : Hajar Pamadi,DKK
   Deskripsi Mata Kuliah                   : Mata kuliah ini mengkaji hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran seni di Sekolah Dasar. Untuk dapat menguasai dan melaksanakan pembelajaran seni di SD (khususnya pembelajaran terpadu seni), mahasiswa (mereka adalah guru kelas, bukan guru bidang studi) diharuskan mempelajari materi subtansi seni (musik, tari, seni rupa), seperti wawasan seni, pengetahuan dasar seni, apresiasi seni, pengalaman mengolah dan menciptakan karya seni sederhana untuk anak usia SD. Selain itu mereka perlu menguasai seluk beluk pembelajaran terpadu seperti konsep dasar pendidikan seni di SD, kemampu­an dan karakteristik seni anak, serta desain pembelajaran terpadu seni di SD.
Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi melalui tugas mandiri, tutorial, dan UAS.

Kompetensi Umum                         : Setelah mengikuti tutorial, mahasiswa mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan seni (rupa, musik, tari) dalam proses pembelajaran seni di sekolah dasar.

No./
Tutorial Ke-
Kompetensi  Khusus
Pokok Bahasan
Subpokok Bahasan
Model Tutorial
Tugas Tutorial
&
Bobot Nilai
Estimasi Waktu
Daftar
Pustaka
1
a. Mahasiswa dapat menjelaskan wawasan seni dengan benar.

b. Mahasiswa dapat menjelaskan unsur-unsur musik dengan benar.

Wawasan seni



Unsur-unsur Musik.



a.       pengertian seni
b.       fungsi seni di masyarakat
c.        jenis-jenis seni

a.       nada
b.       melodi
c.        irama
d.       harmoni
e.       notasi
Ceramah - diskusi
-
120 menit
Hajar Pamadhi, dkk., (2008). Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

M1, M2-KB1
2
a.    Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penciptaan nyanyian anak  dan





b.    Mahasiswa dapat mendomonsrtrasikan olah musik dengan benar.

Penciptaan nyanyian dan iringan






Olah seni musik.

a.       tema melodi
b.       pengembangan tema melodi dengan: repetisi, sekuens, augmentasi, diminusi, dan inversi
c.        tema ritmik
d.       pengembangan tema ritmik
e.       penentuan jenis instrumen

a.       Pernafasan
b.       Artikulasi
c.        Pembentukan Suara
d.       Resonansi
e.       Intepretasi & Ekspresi
f.         Penampilan
g.       Jenis Aba-aba
h.       Sikap Badan
i.         Teknik Aba-aba
Ceramah diskusi kelompok, demonstrasi.
-
120 menit
M5, M6
3
Mahasiswa dapat mengerjakan uji koncep M1, M2-KB1, M5, M6 untuk nilai tugas I tutorial

a.       Mahasiswa dapat menjelaskan unsur tari dengan benar.

b.       Mahasiswa dapat menjelaskan elemen komposisi  tari dengan benar.


c.        Mahasiswa dapat menjelaskan proses penciptaan  tari dengan benar.



Ujikonsep: M1. M2, M5, M6).




Unsur-unsur tari



Elemen komposisi tari




Proses penciptaan tari

(lihat no 1 dan 2)





Unsur-unsur tari :
gerak, tenaga, ruang, waktu


Elemen komposisi tari:
Gerak, tema, desain atas, desain lantai, musik, dramtik, kelompok, dinamika, kostum, rias, pentas, lampu

Proses penciptaan tari:
1.       eksplorasi
2.       penggarapan gerak melalui improvisasi
3.       stilisasi
4.       seleksi/evaluasi gerak
5.       forming/penggabungan
   






Diskusi kelompok, demonstrasi.
Tugas-1 (35%):
Analisis Karya Musik Anak.




60 menit





60 menit
M1, M2-KB1, M5, M6





M2-KB2, M7-KB-1
4
a.     Mahasiswa dapat menjelaskan kemampuan dasar anak SD dengan benar.




b.     Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik seni anak SD dengan benar.

c.     Mahasiswa dapat menjelaskan apresiasi musik dengan benar.

d.     Mahasiswa dapat menjelaskan apresiasi musik dengan benar.



e.     Mahasiswa dapat membuat konsep garapan tari dengan benar.




f.       Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber Tema dengan benar.

g.     Mahasiswa dapat menyusun karya tari dengan benar.

Kemampuan dasar anak SD







Karakteristik seni anak SD




Apresiasi musik




Apresiasi Tari






Konsep Garapan Tari






Sumber Tema



Menyusun karya tari

Kemampuan dasar anak SD:
1.     Intelektual
2.     Emosional
3.     Sosial
4.     Perseptual
5.     Fisik
6.     Estetika
7.     Kreatif

Karakteristik seni anak SD:
1.     Karaktersitik suara anak
2.     Karaktersitik musik anak
3.     Karakteristik gerak anak
4.     Karakteristik seni rupa anak

Apresiasi Musik:
1.     Bentuk musik
2.     Karya Musik Indonesia
3.     Komponis Lagu Anak Indo
4.     Komponis Lagu Asing
Apresiasi Tari:
1.     Tari Tradisional Indo
2.     Tari kreasi baru anak
3.     Manfaat kegiatan mengapresiasi tari bagi anak

1.     Judul tari
2.     Sumber garapan
3.     Tipe tarian
4.     Model Penyajian
5.     Konsep Gerak
6.     Konsep Musik Iringan
7.     Konsep Tata Pentas

Tema Cerita
Tema Gerak


Empat langkah dalam menyusun karya tari.

Diskusi kelompok, ceramah, demonstrasi
-
120 menit
M3














M9











M7-KB2







M7-KB3



M7-KB4


5
Mahasiswa dapat mengerjakan uji koncep M2-KB2, M7, M3, dan M9 untuk nilai tugas 2 tutorial.

a.     Mahasiswa dapat menjelaskan unsur seni rupa dengan benar.



b.     Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip seni rupa dengan benar.




c.     Mahasiswa dapat menjelaskan karya rupa dwimatra dengan benar.














d.     Mahasiswa dapat menjelaskan karya rupa trimatra dengan benar.

konsep M2-KB2, M7, M3, dan M9




unsur dan prinsip seni rupa




Prinsip seni rupa







Menggambar







Melukis









Karya rupa trimatra

(lihat no. 3 dan 4)





Unsur Seni Rupa:
1.       Garis
2.       Warna
3.       Tekstur
4.       Ruang
5.       Bidang

Prinsip Seni Rupa:
1.       Kesatuan
2.       Keseimbangan
3.       Irama
4.       Penekanan
5.       Proporsi
6.       Keselarasan

Menggambar alam benda
Menggambar model
Menggambar binatang
Menggambar ilustrasi
Menggambar pemandangan
Menggambar teknik
Menggambar ornamen/hias

Melukis finger printing
Teknik tutup
Teknik gores
Teknik campur warna kering dan warna basah
Teknik gesek benang
Melipat
Menempel
Mencetak

Membentuk
Memahat
Merakit
Melipat dan menempel







Diskusi kerja kelompok
Tugas-2 (30%):
Membuat karya tari anak.

60 menit





60 menit






M2 KB-3














M8-KB1

















M8-KB2
6
a.       Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan teknologi dalam peciptaan karya seni dengan benar.

b.       Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup ppenggunaa teknologi dengan benar.

c.        Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat belajar seni bagi anak dengan benar.



d.       Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik seni rupa anak dengan benar.


e.       Mahasiswa dapat menjelaskan periodesasi karya seni rupa anak  dengan benar.

Pendekatan teknologi dalam peciptaan karya seni



Ruang lingkup ppenggunaan teknologi



Manfaat belajar seni bagi anak





Karakteristik seni rupa anak





Periodesasi karya seni rupa anak 



a.       Istilah tenologi
b.       Cakupan teknologi
c.        Model pemanfaatan teknologi dalam karya seni



Tekologi sederhana berenergi manusia
Teknologi sederhana berenergi alam
Teknologi tinggi

Seni sebagai bahasa visual
Seni membantu pertumbuhan mental
Seni membantu belajar bidang ilmu lainnya
Seni sebagai media bermain

Istilah menggambar dan melukis
Tema karya seni rupa anak
Ciri umum lukisan anak




Masa coreng moreng
Masa prabagan
Masa bagan
Masa realisme awal
Masa realisme semu

Ceramah diskusi kelompok

120 menit
M4 KB1 dan KB-2.












M10
7
Mahasiswa dapat mengerjakan uji konsep M2-KB3, M4, M8 untuk nilai tugas 3 tutorial.

a.       Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pendidikan seni di SD dengan benar.


Konsep M2-KB3, M4, M8




Pendidikan Seni di SD
(lihat no 5 dan 6)





a.     Konsep pendidikan seni di SD:
  • Education about art,
  • Education with arts,
  • Education through arts;
b.     fungsi pendidikan seni di SD sebagai media:
  • ekspresi,
  • komunikasi,
  • pembinaan kreativitas,
  • hobi dan bakat;
c.     ruang lingkup pendidikan seni di SD:
·   lingkup pengetahuan seni,
·   jenis-jenis pengetahuan seni,
·   proses pengalaman kreatif anak dalam berkesenian;
d.     karakteristik pendidikan seni di SD:
·  pendekatan belajar sesuai
   dengan sifat
·  bentuk pembelajaran di SD.






Ceramah
Diskusi kelompok
Tugas-3 (35%):
Membuat karya rupa dwimatra

60 menit





60 menit






Modul 11
8
Mahasiswa dapat mengguna­kan pengetahuan, ketrampilan, apresiasi seni, dan konsep pen­didikan seni di SD yang te­lah dikuasainya untuk me­ran­cang pembelajaran terpadu seni de­ngan benar.

Rancangan Pembelajaran Terpadu Seni
a.       Arah pembelajaran seni
b.       Subtansi pendidikan seni
c.        Pendekatan partisipatif
d.       Pendekatan tematis
e.       Pendekatan medium produksi
f.         Model pembelajaran terpadu seni:
·         murni,
·         topik,
·         konsep,
·         kelas dalam 1 mata pelajaran,
·         mata pelajaran,
·         tugas kerja, dan tujuan.
Kerja kelompok, diskusi.

120 menit
Modul 12
           







Tidak ada komentar:

Posting Komentar