RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Kode/Mata
Kuliah : PDGK 4207/Pendidikan Seni di SD
Bobot SKS : 4 SKS
Nama Penulis : Afrizal Suki,
S. Pd, M. Pd
Nama Penelaah Materi : Hajar Pamadi,DKK
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mengkaji hal-hal yang berhubungan
dengan pelaksanaan pembelajaran seni di Sekolah Dasar. Untuk dapat menguasai
dan melaksanakan pembelajaran seni di SD (khususnya pembelajaran terpadu seni),
mahasiswa (mereka adalah guru kelas, bukan guru bidang studi) diharuskan
mempelajari materi subtansi seni (musik, tari, seni rupa), seperti wawasan
seni, pengetahuan dasar seni, apresiasi seni, pengalaman mengolah dan
menciptakan karya seni sederhana untuk anak usia SD. Selain itu mereka perlu
menguasai seluk beluk pembelajaran terpadu seperti konsep dasar pendidikan seni
di SD, kemampuan dan karakteristik seni anak, serta desain pembelajaran
terpadu seni di SD.
Kemampuan mahasiswa akan dievaluasi melalui tugas mandiri, tutorial, dan
UAS.
Kompetensi Umum :
Setelah mengikuti tutorial, mahasiswa mampu menggunakan
pengetahuan dan keterampilan seni (rupa, musik, tari) dalam proses pembelajaran
seni di sekolah dasar.
No./
Tutorial
Ke-
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok
Bahasan
|
Subpokok
Bahasan
|
Model
Tutorial
|
Tugas
Tutorial
&
Bobot
Nilai
|
Estimasi
Waktu
|
Daftar
Pustaka
|
1
|
a. Mahasiswa
dapat menjelaskan wawasan seni dengan benar.
b. Mahasiswa
dapat menjelaskan unsur-unsur musik dengan benar.
|
Wawasan seni
Unsur-unsur Musik.
|
a.
pengertian seni
b.
fungsi seni di masyarakat
c.
jenis-jenis seni
a.
nada
b.
melodi
c.
irama
d.
harmoni
e.
notasi
|
Ceramah
- diskusi
|
-
|
120
menit
|
Hajar Pamadhi, dkk., (2008). Pendidikan Seni di SD.
Jakarta: Universitas Terbuka.
M1,
M2-KB1
|
2
|
a.
Mahasiswa dapat
menjelaskan tentang penciptaan nyanyian anak
dan
b.
Mahasiswa dapat
mendomonsrtrasikan olah musik dengan benar.
|
Penciptaan nyanyian dan iringan
Olah seni musik.
|
a.
tema melodi
b. pengembangan tema melodi dengan: repetisi, sekuens,
augmentasi, diminusi, dan inversi
c.
tema ritmik
d.
pengembangan tema ritmik
e.
penentuan jenis instrumen
a.
Pernafasan
b.
Artikulasi
c.
Pembentukan Suara
d.
Resonansi
e.
Intepretasi & Ekspresi
f.
Penampilan
g.
Jenis Aba-aba
h.
Sikap Badan
i.
Teknik Aba-aba
|
Ceramah diskusi kelompok, demonstrasi.
|
-
|
120 menit
|
M5, M6
|
3
|
Mahasiswa
dapat mengerjakan uji koncep M1, M2-KB1, M5, M6 untuk nilai tugas I tutorial
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan unsur
tari dengan benar.
b.
Mahasiswa dapat menjelaskan elemen
komposisi tari dengan benar.
c.
Mahasiswa dapat menjelaskan proses
penciptaan tari dengan benar.
|
Ujikonsep: M1. M2, M5, M6).
Unsur-unsur tari
Elemen komposisi tari
Proses
penciptaan tari
|
(lihat no 1 dan 2)
Unsur-unsur tari :
gerak, tenaga, ruang, waktu
Elemen komposisi tari:
Gerak, tema, desain atas, desain lantai, musik, dramtik, kelompok,
dinamika, kostum, rias, pentas, lampu
Proses
penciptaan tari:
1.
eksplorasi
2.
penggarapan gerak melalui
improvisasi
3.
stilisasi
4.
seleksi/evaluasi gerak
5.
forming/penggabungan
|
Diskusi
kelompok, demonstrasi.
|
Tugas-1
(35%):
Analisis
Karya Musik Anak.
|
60 menit
60
menit
|
M1, M2-KB1,
M5, M6
M2-KB2,
M7-KB-1
|
4
|
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan
kemampuan dasar anak SD dengan benar.
b.
Mahasiswa dapat
menjelaskan karakteristik seni anak SD dengan benar.
c.
Mahasiswa dapat
menjelaskan apresiasi musik dengan benar.
d.
Mahasiswa dapat
menjelaskan apresiasi musik dengan benar.
e.
Mahasiswa dapat
membuat konsep garapan tari dengan benar.
f.
Mahasiswa dapat
menjelaskan Sumber Tema dengan benar.
g.
Mahasiswa dapat
menyusun karya tari dengan benar.
|
Kemampuan dasar anak SD
Karakteristik seni anak SD
Apresiasi musik
Apresiasi Tari
Konsep Garapan Tari
Sumber Tema
Menyusun karya tari
|
Kemampuan dasar anak SD:
1.
Intelektual
2.
Emosional
3.
Sosial
4.
Perseptual
5.
Fisik
6.
Estetika
7.
Kreatif
Karakteristik seni anak SD:
1.
Karaktersitik
suara anak
2.
Karaktersitik
musik anak
3.
Karakteristik
gerak anak
4.
Karakteristik
seni rupa anak
Apresiasi Musik:
1.
Bentuk musik
2.
Karya Musik
Indonesia
3.
Komponis Lagu
Anak Indo
4.
Komponis Lagu
Asing
Apresiasi Tari:
1.
Tari
Tradisional Indo
2.
Tari kreasi
baru anak
3.
Manfaat
kegiatan mengapresiasi tari bagi anak
1.
Judul tari
2.
Sumber garapan
3.
Tipe tarian
4.
Model Penyajian
5.
Konsep Gerak
6.
Konsep Musik
Iringan
7.
Konsep Tata
Pentas
Tema Cerita
Tema Gerak
Empat langkah dalam menyusun karya tari.
|
Diskusi
kelompok, ceramah, demonstrasi
|
-
|
120
menit
|
M3
M9
M7-KB2
M7-KB3
M7-KB4
|
5
|
Mahasiswa
dapat mengerjakan uji koncep M2-KB2, M7, M3, dan M9 untuk nilai tugas 2
tutorial.
a. Mahasiswa dapat menjelaskan unsur seni rupa dengan
benar.
b. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip seni rupa dengan
benar.
c. Mahasiswa dapat menjelaskan karya rupa dwimatra dengan
benar.
d. Mahasiswa dapat menjelaskan karya rupa trimatra dengan
benar.
|
konsep
M2-KB2, M7, M3, dan M9
unsur
dan prinsip seni rupa
Prinsip
seni rupa
Menggambar
Melukis
Karya
rupa trimatra
|
(lihat no. 3 dan 4)
Unsur Seni Rupa:
1.
Garis
2.
Warna
3.
Tekstur
4.
Ruang
5.
Bidang
Prinsip Seni Rupa:
1.
Kesatuan
2.
Keseimbangan
3.
Irama
4.
Penekanan
5.
Proporsi
6.
Keselarasan
Menggambar alam benda
Menggambar model
Menggambar binatang
Menggambar ilustrasi
Menggambar pemandangan
Menggambar teknik
Menggambar ornamen/hias
Melukis finger printing
Teknik tutup
Teknik gores
Teknik campur warna kering dan warna basah
Teknik gesek benang
Melipat
Menempel
Mencetak
Membentuk
Memahat
Merakit
Melipat dan menempel
|
Diskusi
kerja kelompok
|
Tugas-2 (30%):
Membuat
karya tari anak.
|
60 menit
60
menit
|
M2
KB-3
M8-KB1
M8-KB2
|
6
|
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan
pendekatan teknologi dalam peciptaan karya seni dengan benar.
b.
Mahasiswa dapat
menjelaskan ruang lingkup ppenggunaa teknologi dengan benar.
c.
Mahasiswa dapat
menjelaskan manfaat belajar seni bagi anak dengan benar.
d.
Mahasiswa dapat
menjelaskan karakteristik seni rupa anak dengan benar.
e.
Mahasiswa dapat
menjelaskan periodesasi karya seni rupa anak
dengan benar.
|
Pendekatan
teknologi dalam peciptaan karya seni
Ruang lingkup ppenggunaan teknologi
Manfaat belajar seni bagi anak
Karakteristik seni rupa anak
Periodesasi karya seni rupa anak
|
a.
Istilah tenologi
b.
Cakupan teknologi
c.
Model pemanfaatan teknologi dalam
karya seni
Tekologi
sederhana berenergi manusia
Teknologi
sederhana berenergi alam
Teknologi
tinggi
Seni
sebagai bahasa visual
Seni
membantu pertumbuhan mental
Seni
membantu belajar bidang ilmu lainnya
Seni
sebagai media bermain
Istilah
menggambar dan melukis
Tema
karya seni rupa anak
Ciri
umum lukisan anak
Masa
coreng moreng
Masa
prabagan
Masa
bagan
Masa
realisme awal
Masa
realisme semu
|
Ceramah
diskusi kelompok
|
|
120
menit
|
M4
KB1 dan KB-2.
M10
|
7
|
Mahasiswa
dapat mengerjakan uji konsep M2-KB3, M4, M8 untuk nilai tugas 3 tutorial.
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep
pendidikan seni di SD dengan benar.
|
Konsep M2-KB3,
M4, M8
Pendidikan
Seni di SD
|
(lihat no 5 dan 6)
a.
Konsep pendidikan
seni di SD:
b.
fungsi
pendidikan seni di SD sebagai media:
c. ruang
lingkup pendidikan seni di SD:
· lingkup
pengetahuan seni,
· jenis-jenis
pengetahuan seni,
· proses
pengalaman kreatif anak dalam berkesenian;
d.
karakteristik
pendidikan seni di SD:
· pendekatan
belajar sesuai
dengan sifat
· bentuk
pembelajaran di SD.
|
Ceramah
Diskusi
kelompok
|
Tugas-3 (35%):
Membuat karya
rupa dwimatra
|
60 menit
60
menit
|
Modul
11
|
8
|
Mahasiswa
dapat menggunakan pengetahuan, ketrampilan, apresiasi seni, dan konsep pendidikan
seni di SD yang telah dikuasainya untuk merancang pembelajaran terpadu
seni dengan benar.
|
Rancangan
Pembelajaran Terpadu Seni
|
a.
Arah pembelajaran seni
b.
Subtansi pendidikan seni
c.
Pendekatan partisipatif
d.
Pendekatan tematis
e.
Pendekatan medium produksi
f.
Model pembelajaran terpadu seni:
·
murni,
·
topik,
·
konsep,
·
kelas dalam 1 mata pelajaran,
·
mata pelajaran,
·
tugas kerja, dan tujuan.
|
Kerja
kelompok, diskusi.
|
|
120
menit
|
Modul
12
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar